Sabtu, 17 Maret 2012

Meranti Si Kacang Helikopter

Pohon kacang biasanya pendek.Tetapi,ada pohon kacang yang menjulang tinggi di hutan.Bahkan,kacangnya punya baling-baling mirip helikopter.Wow...keren!!!


Fun Fact Meranti
Nama latin : Shorea macrophylla
Keluarga Tanaman : Dipterocarpaceae ( Tanaman bunga bersayap )


Pohon tertinggi 


     Pohon kacang itu bernama meranti.Pohon meranti termasuk tanaman hutan yang berharga.Batang kayunya kuat,banyak dipakai untuk membuat rumah.Pohon meranti adalah tanaman asli  hutan Kalimantan di Indonesia.Ssst,pohon meranti itu pohon tertinggi di hutan tropis,loh.Tingginya bisa mencapai 60 meter.


Bersayap


     Orang Dayakdi Kalimantan menganggap pohon meranti sebagai pohon keramat.Mereka dilarang menebang pohon meranti sembarangan,karena pohon meranti sangat berharga.Baik sebagai sumbeer kayu dan sumber makanan yang lezat.
     Biji meranti selezat kacang chesnut (kacang khas Italia).Orang Dayak menyebut biji meranti sebagai buah tengkawang.Uniknya,biji meranti punya sayap.Hmm...rupanya induk biji meranti tahu.Bijinya perlu sayap agar tidak pecah saat mendarat di tanah.Wing...biji meranti terbang dari pohon yang sangat tinggi.Mirip helikopter!


Pesta Meranti


     Panen biji meranti sangat ditunggu-tunggu oleh orang Dayak.Ketika biji meranti jatuh dari pohon,banyak babi hutan yang berkerumun untuk makan biji tersebut.Nah,saat itulah orang Dayak bisa berburu babi dengan mudah.Hmm...musim biji meranti berarti sanagt membantu para pemburu babi.


Berharga Seperti Cokelat


     Orang Dayak lebih suka menjual hasil panen biji meranti.Karena,biji meranti harganya sangat mahal,nyaris sama dengan harga buah cokelat.Di pasar internasional,lemak biji meranti dipakai untuk membuat permen cokelat.Kadang,industri cokelat menambahkan lemak meranti agar harga permen cokelat tidak mahal.Rasa gurih permen cokelat meranti sama.Hanya saja,permen cokelat meranti terasa lebih keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar