Sabtu, 17 Maret 2012

Ice cream unik di dunia

Suka banget makan es cream?Cobain deh,cicipi ice cream-ice cream unik ini!

Si Kenyal 
     Ice cream Turki disebut dondurma.Dondurma tidak mudah meleleh,kenyal,dan elastis.Kenyal dan elastisnya berasal dari salep,yaitu bubuk dari akar umbi bunga anggrek.
     Saking kenyal dan elastisnya,konon,dondurma bisa direntangkan beberapa meter dan dijadikan lompat tali.Dondurma di kota Kahramanmaras lebih kenyal.Jadi,memerlukan pisau dan garpu untuk memakannya.
     Para penjual dondurma beratraksi bagaika pesulap.Tangan-tangan mereka lincah meracik ice cream sambil...mengerjai pembeli!Para pembeli jadi tertawa geli karena dikelabui berulang kali.Di Damaskus,Syiria,juga ada dondurma.Tapi,namanya booza dan bertabur kacang pistachio.Mmm...mantap!

Mirip Spaghetti
     Jangan tertipu kalau melihat ice cream satu ini.Bukan spaghetti,ini benar-benar ice cream!           
Spaghetti eis diciptakan tahun 1960an oleh Dario Fontanella,pemilik toko ice cream terkenal di Manheim,Jerman.
     Spaghetti eis dibuat dari ice cream berwarna putih yang dicetak berbentuk spaghetti atau mie.Lalu,disajikan diatas piring,supaya makin mirip spaghetti,bagian atasnya dilumuri saus stoberi dan parutan coklat putih.Seakan-akan saus stoberi itu saus tomatnya dan parutan coklat putih itu keju parmesannya.Mmm...Yummy!

Rasa Kunyit
     India dan Pakistan juga mempunyai ice cream sendiri.Namanya kulfi.Bedanya dengan ice cream biasa,kulfi lebih padat.Mirip puding.Jadi,tidak mudah meleleh.Uniknya lagi,beberapa rasanya dari bumbu-bumbuan.Misalnya,kapulaga dan kunyit.
     Penjual kulfi di India dan Pakistan disebut kulfiwalla.Penjual Menyimpan kulfi dalam matka,yaitu periuk kecil dari tembikar.Tujuannya,agar kulfi tetap beku.Kulfi disajikan dipiring,didaun,atau ditusukkan ke batang ice cream.

Yang Digoreng

     Bentuknya mirip cemilanyang digoreng,misalnya combro,kroket,atau onde-onde.Tapi begitu dibelah,ada ice cream di dalamnya!Yep,itulah ice cream goreng ang biasa dicicipi di Meksiko dan berbagai negara di Asia,seperti Indonesia.
     Ice cream gorang dibuat dari ice cream yang dilapisi telur mentah lalu dilapisi remah-remah kue,tepung tempura,atau corn flakes.Kemudian,digoreng sampai tenggelam di minyak panas.Unik !!!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar